NUP adalah Nomor Urut Pemesanan

Nomor Urut Pemesanan (NUP) atau priority pass adalah skema membeli properti dengan menggunakan antrian nomor urut. NUP ini biasanya diberikan secara khsusus kepada calon pembeli potensial sebelum produk properti tersebut secara resmi dijual kepada publik. 
NUP singkatan dari Nomor Urut Pemesanan atau yang disebut juga VIP Pass atau Priority Pas merupakan setoran sejumlah uang sebagai tanda minat anda untuk membeli property.





NUP bukan Uang Tanda Jadi atau Booking Fee ataupun DP, namun biasanya jumlah NUP bagian dari Uang Tanda Jadi (UTJ / Booking Fee).
Saat Anda sedang berminat untuk membeli produk property yang akan diluncurkan sangat disarankan untuk ikut NUP biasanya kisaran NUP antara 2%, 2,5% s.d 5% dari harga paling murah dari property tersebut.
Kenapa Anda harus NUP secepatnya ?
Memilih unit property duluan disaat orang lain belum memilih lebih baik untuk Anda. Apa keuntungannya memilih duluan? Keuntungannya Anda bebas memilih letak, posisi, orientasi/ hadap mata angin, tipe Rumah/ apartemen, bahkan harga terbaik sesuai keinginan Anda. Bandingkan jika Anda NUP belakangan maka Anda juga memilihnya belakangan. Konsekuensinya anda mendapatkan pilihan yang kurang tepat, harga yang sudah mahal sehingga investasi anda kurang maksimal atau bahkan Anda kehilangan kesempatan membeli property Impian Anda karena unit yang dijual sudah Sold Out.
"Saya tidak mau ribet dengan cara NUP" ada sebagian orang yang berpikir seperti itu. Akan saya sarankan untuk tidak ikut NUP jika tujuan Anda beli property untuk dipakai sendiri bukan Investasi apalagi Anda memerlukan property yang sudah siap huni. Cuma perlu dipertimbangkan kenaikan Inflasi jika Anda menunda untuk membeli property saat ini. Faktor Inflasi yang membuat harga property semakin naik. Jika kita perhatikan nilai inflasi di Indonesia dari tahun 2012 sd juni 2016 adalah 3% s.d 8% tiap bulan pasti bisa Anda perhitungkan kenaikan harga property tersebut.
Pilih NUP refundable atau Non refundable ?
Saat Anda menentukan ikut ambil NUP Anda akan diajukan Pilihan NUP yang Refundable ( Uang NUP bisa dikembalikan) atau Non Refund ( Uang NUP tidak bisa dikembalikan).
Pilihan Refundable biasanya dipilih oleh orang orang yang baru sekali ikut NUP atau orang tersebut minat cuma masih ragu mau beli atau nanti dulu. Jika dia tidak beli maka Uang NUP nya ini akan dikembalikan penuh ke rekening calon pembeli. Namun untuk refund ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi oleh pemegang NUP. Biasanya pihak developer memberikan persyaratan kepada pemegang NUP agar bisa refund seperti harus hadir saat hari pemilihan unit dan atau unit yang dipilih dan alternatif lainnya sudah dibeli oleh pemegang NUP lain yang lebih dulu memilih atau unit yang dijual sudah sold out. Syarat refund tiap developer bisa beda tapi persyaratan tersebut pasti tidak akan memberatkan pemegang NUP. Kekurangan dari memilih NUP yang refundable adalah Anda tidak mendapatkan NUP prioritas kemungkinan besar anda malah mendapatkan urutan ditengah acara NUP dan paling belakang, kemungkinan lain lagi Anda bisa memilih tapi mendapatkan harga yang sudah tinggi atau posisi yang kurang bagus. Beberapa pengalaman pemegang NUP refundable malah kehabisan Unit karena Sold Out.
NUP Nonrefund
Jenis NUP ini adalah pilihan calon Pembeli Investor. Karena sifatnya Non refund ( Uang NUP tidak bisa dikembalikan) maka pihak developer akan mendahulukan para pemegang NUP nonrefund memilih unit ter lebih dulu, nomor urutan awal bisa Anda dapatkan. Harga termurah dan posisi unit property yang sangat sesuai keinginan Anda bisa dapatkan. Para Investor sangat suka menggunakan NUP nonrefund karena bisa memaksimalkan nilai Investasi mereka. Untuk End user atau mau dipakai sendiri bisa mendapatkan harga yang lebih murah. 

Selain itu kecepatan Anda untuk melakukan setoran NUP juga menjadi penentu nomor urut Anda. Contoh Teman Anda memutuskan untuk ikut NUP non refund tapi anda menundanya untuk melakukannya esok hari. Tapi Anda mau melakukan NUP non refund hari ini. Secara otomatis Anda yang lebih dulu nantinya memilih unit dari pada teman Anda. Berdasarkan data dari beberapa developer yang sudah sering menerapkan sistem NUP, hari pertama NUP dibuka 50 sd 200an NUP langsung masuk dalam 1 jam sd 3 jam pertama.
Selain itu dokumen penunjang NUP juga harus komplit, biasanya seperti KTP, Kartu Keluarga, NPWP, nomor rekening untuk refund dana, dan form NUP harus diisi lengkap untuk memudahkan anda secepatnya mendapatkan Nomor Urut Pemesanan. Pastikan Anda bawa saat hari pemilihan Unit. Bawa juga sejumlah uang saat hari pemilihan karena pembayaran sisa UTJ langsung dilakukan saat anda telah pilih Unit. Disaat itu juga anda tentukan metode pembayaran yang akan dilakukan (Cash, Inhouse, atau Kredit Bank).
NUP adalah Nomor Urut Pemesanan

NUP adalah Nomor Urut Pemesanan

NUP adalah Nomor Urut Pemesanan

NUP adalah Nomor Urut Pemesanan

NUP adalah Nomor Urut Pemesanan

NUP adalah Nomor Urut Pemesanan

NUP adalah Nomor Urut Pemesanan




NUP adalah Nomor Urut Pemesanan

NUP adalah Nomor Urut Pemesanan

NUP adalah Nomor Urut Pemesanan

Perlu diperhatikan sebelum meninggalkan tempat pemilihan unit baca dengan seksama sekali lagi Surat pesanan Anda untuk memastikan Unit, tipe, dan cara bayar Anda sudah benar sesuai pilihan.